Monday, March 4, 2013

Tips Membaca Blog atau Website

Blog atau website menjadi trend tersendiri dikalangan pengguna internet. Dengan blog kita bisa berkespresi sesuka hati bahkan mendapatkan uang. Kali ini, Tamu Bukuku bukan ingin memberikan tips membuat blog atau menulis dalam blog. Perlu tetamu tahu bahwa salah satu hal penting saat melihat blog adalah membacanya.

Nah, kali ini Tamu Bukuku akan memberikan sedikit tips bagaimana cara membaca blog. Setidaknya inilah yang sering Tamu Bukuku lakukan saat mencari informasi di blog atau website. Mungkin ini terlihat sepele tapi dengan melakukan tips berikut tetamu dapat menghindari mendapatkan informasi yang salah atau bahkan penipuan.

Membaca informasi yang ada pada blog atau website 
Tentunya, secara otomatis kita akan membaca informasi yang tertera pada blog atau website tersebut setelah sebelumnya mengetik keywords di search engine. Bacalah dengan seksama dan pastikan bahwa informasi tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan atau tidak.  

2    Membaca profil pemilik blog atau website
Hal ini mungkin yang tidak terlalu diperhatikan oleh pembaca apalagi jika kita sudah menemukan informasi yang kita butuhkan. Sebenarnya membaca profil pemilik sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan termasuk penipuan saat akan membeli online. Pastikan bahwa pemilik mencantumkan identitas secara lengkap. Jika kebetulan alamat tersebut dekat dengan area tempat tinggal kita, tidak ada salahnya untuk sekedar memeriksa kebenarannya. 

3    Membaca tanggal postingan terbaru
Ini juga sangat penting untuk memastikan bahwa blog atau website tersebut masih aktif atau tidak. Jika terdapat postingan baru dengan tanggal yang masih update maka kita bisa memastikan bahwa blog tersebut masih aktif. Ini juga penting untuk menghindari informasi yang sudah kadaluarsa atau hoax. 

4    Memberikan komen yang sesuai dengan informasi yang sudah dituliskan
Sesekali tetamu bisa meninggalkan komen untuk sekedar bertukar pikiran setelah membaca artikel atau informasi yang dituliskan pada website atau blog tersebut. Hindari menuliskan hal-hal yang tidak sesuai dengan isi informasi atau bahkan link jualan karena justru kitalah yang menggangu. Biasanya komen kita akan dibalas oleh pemilik blog atau website jadi kita juga bisa memastikan bahwa pemiliknya masih aktif mengelola blog atau website tersebut. 

Nah, semoga tips di atas bermanfaat bagi tetamu sekalian yang suka sekali blog walking dan mencari informasi penting di internet. Ini juga berlaku untuk mereka yang suka belanja online agar tidak tertipu. Jangan langsung percaya dengan informasi yang tertera tapi pastikan kebenarannya terlebih dahulu. Intinya, dengan melakukan tips tersebut membaca blog atau website akan menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment