Sunday, March 3, 2013

Menulis dengan Otak Kanan


Penulis: Joni Lis Efendi
Tebal buku: 158 hlm
Cetakan pertama: September 2012
ISBN: 978-602-18845-3-9
Penerbit: WritingRevo Publishing






Sebagai seorang penulis pemula (tamubukuku lebih senang menyebutnya penulis muda), kita sering kebingungan soal bagaimana cara menulis yang baik dan benar itu. Cara Menulis yang baik dan benar termasuk EYD seolah menghantui penulis muda. Momok inilah yang menghentikan mereka untuk segera menulis ataupun mempublikasikan karyanya. 

Salah satu jenis tulisan yang digemari oleh penulis muda adalah cerpen. Ini karena cerpen penuh dengan imajinasi. Bisa dikatakan, penulis lebih bebas dalam berkreasi lewat tulisan mereka. Walaupun bebas tetap saja momok di atas masih menghantui penulis muda sehingga cerpen mereka tidak maksimal. Padahal, banyak dari penulis muda yang memiliki cerpen dengan kualitas yang sangat baik dan layak untuk menang dalam ajang lomba menulis cerpen. 

Buku “Cara Dahsyat Menulis Cerpen dengan Otak Kanan” karya Joni Lis Efendi bisa menjadi solusi bagi penulis muda yang masih takut-takut untuk memulai menulis cerpen. Walaupun buku ini sepertinya ditujukan untuk penulis muda tapi isinya sudah lengkap. Pada awal bagian awal buku ini, penulis diajak untuk mengeluarkan atau memahami bahwa berimajinasi sangat penting dan merupakan modal dasar seorang penulis cerpen. Seperti judulnya, maka dijabarkan pula cara menulis cerpen dengan cara-cara kanan (baca: otak kanan) yang lebih menyenangkan. Contohnya, pembaca buku ini diajak untuk melakukan permainan menulis yang mudah dan dijamin bisa membuat mereka langsung menulis detik itu juga. 

Untuk tetamu yang suka sekali menulis tapi masih terhambat masalah bad mood atau writing block, buku ini bisa menjadi solusi karena tips mengatasi masalah tersebut dibahas tuntas di sini. Seperti dijelaskan di atas, buku ini termasuk lengkap untuk penulis pemula karena tidak hanya memuat trik menulis tetapi juga bagaimana mengembangkan karate cerpen, editing, EYD, jenis cerpen, hingga cara sakti tembus media atau menang lomba.

Keunggulan buku ini adalah karena penulisnya sudah malang melintang di dunia penulisan sehingga ia paham kesulitan penulis muda dan apa saja yang di harus dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Selain itu, teori buku ini juga sudah dipraktekkan oleh ratusan alumni Sekolah Menulis Online yang didirikan oleh penulisnya. 

Bonus alamat-alamat media seluruh Indonesia akan membuat penulis-penulis muda yang membaca buku ini termotivasi untuk segera mengirimkan karya-karyanya. Diselipkan pula kalimat-kalimat pembangkit semangat menulis untuk terus memacu dan menangkal ketakutan-ketakutan penulis muda. Diharapkan dengan adanya buku ini muncul penulis-penulis muda berbakat khususnya dalam bidang penulisan cerpen yang memberikan sumbangsi positif bagi dunia penulisan. Sedangkan bagi mereka yang baru menjejakkan kaki di dunia menulis cerpen, buku ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi mereka untuk menulis cerpen dengan baik, benar, dan memikat pembaca. Intinya, menulis itu mudah tetapi menulis yang baik, benar, bahkan menghasilkan ada caranya.

No comments:

Post a Comment