Monday, March 25, 2013

Gelaran Malang Menulis

Hari Minggu tepatnya tanggal 24/3/13, tamu bukuku berkesempatan mengikuti acara Malang Menulis. Tentunya, tamu bukuku merasa senang karena dengan mengikuti acara semacam ini banyak ilmu khususnya ilmu menulis yang bisa didapatkan untuk menambah wawasan serta meningkatkan kualitas tulisan.

Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dan yang menjadikannya unik adalah lokasi acara tersebut. Jika biasanya acara-acara sejenis dilakukan di gedung atau sekolah, acara Malang Menulis dilakukan di sebuah Distro milik salah satu anggota Malang Menulis. Selain bertujuan untuk menularkan virus menulis, diharapkan acara ini juga bisa menemukan bibit-bibit baru penulis muda berbakat yang berasal dari kota Malang. Hal ini tampak dari konsep acara yang mempersilahkan peserta (termasuk tamu bukuku) untuk memilih jenis tulisan yang menjadi minat mereka. Kemudian, mereka akan dikelompokkan sesuai dengan minat jenis tulisan untuk dimentori oleh panitia yang juga sudah mumpuni di jenis-jenis tulisan tersebut. Jenis-jenis tulisan tersebut diantaranya tulisan jurnalistik dan catatan perjalanan, cerpen, puisi, dan diary.

Dalam acara ini, tamu bukuku memilih untuk mengikuti kelompok tulisan jurnalistik dan catatan perjalanan. Kelompok ini dimentori oleh Kholid Amrullah yang merupakan penulis di salah satu surat kabat ternama di Malang. Mas Kholid Menjelaskan beberapa hal yang terkait dengan tulisan jurnalistik dan catatan perjalanan agar peserta yang ingin menekuni jenis tulisan ini bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan diminati oleh pembacanya.

Setelah sesi penjelasan, peserta diminta untuk praktek dengan menulis bebas baik tulisan jurnalistik atau cacatan perjalanan. Tulisan dari peserta tersebut kemudian dikumpulkan untuk dibahas satu per satu oleh mentor. Rupanya, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam tulisan jenis jurnalistik adalah bagaimana cara menuliskan informasi tersebut secara runtut dan tidak bertele-tele agar pembaca mendapatkan informasi dengan jelas dan cepat. Sedangkan untuk jenis tulisan catatan perjalanan, penulis harus mampu menyajikan tulisan yang diminati pembaca dimana pembaca seolah-olah ikut dalam perjalan tersebut serta mendapatkan informasi yang berguna khususnya bagi mereka yang akan melakukan perjalanan serupa.

Acara Malang Menulis ini berakhir sekitar pukul 12.30 WIB. Kabar baiknya bagi tetamu adalah acara ini rencananya akan dilakukan rutin setiap bulan di lokasi yang berbeda-beda. Jadi, bagi tetamu khususnya tetamu yang berdomisili di Malang yang mempunyai minat dan bakat menulis bisa ikut memeriahkan acara ini.

Jika tetamu ingin memperoleh informasi lengkap mengenai acara bulanan ini, tetamu bisa add facebook salah satu anggota, Zahara Putri kemudian tunggu info jadwal acaranya atau tanya-tanya langsung mengenai acara ini.

No comments:

Post a Comment