Thursday, June 27, 2013

Mencegah dan Bangkit dari Bangkrut


Judul buku: Kitab Anti Bangkrut
Penulis: Jaya Setiabudi
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2013
Tebal Buku: 127 halaman
ISBN: 978-979-22-9344-9








"Mencegah Sebelum Terjadi Bangkit Jika Mengalami"
 (Kitab Anti Bangkrut)
Ada beberapa alasan mengapa orang enggan melakoni bisnis salah satunya adalah ketakutan akan kebangkrutan (belum dijalankan sudah takut duluan hehe). Bangkrut memang momok menakutkan bagi setiap pebisnis baik bagi pebisnis pemula atau pebisnis yang sudah advanced sekalipun. Sebelum mengalaminya, ada baiknya kita belajar terlebih dahulu ilmunya. Salah satu buku rekomendasi adalah buku berjudul “Kitab Anti Bangkrut” yang ditulis oleh Jaya Setiabudi atau lebih dikenal dengan Mas J.
Cover Buku
Dari segi judul, buku ini sangat menggelitik kita untuk membaca isinya karena bangkrut adalah sesuatu yang menakutkan tapi dalam cover tersebut tertulis Anti Bangkrut. Pasti mereka yang merasa bisnisnya sedang goyah atau sedang menjalankan bisnis akan melirik buku ini dan membaca sinopsisnya. Gambar bukunya juga sangat memprofokasi dimana ilustrasi tersebut sangat umum ditemukan saat bisnis mengalami kebangkrutan. Desain hard cover menambah sisi kualitas cetakan bukunya.
Isi Buku
Dari segi isi, buku ini tidak hanya sekedar praktek karena Mas J sendiri menuliskannya berdasarkan pengalamannya menjalankan bisnis selama 15 tahun. Bagi mereka yang sudah menjalankan bisnis semi professional mungkin sudah mengenal istilah-istilah di dalamnya. 
Mungkin, bagi mereka yang masih pemula atau yang baru akan memulai bisnis agak sedikit bingung dengan penjelasannya tapi setidaknya kita tahu beberapa hal dasar, khususnya perhitungan bisnis. Saat membuka bab pertama, kita sudah disuguhi sesuatu yang menarik dan ingin tahu kelanjutannya. Mas J menuliskan tetang pengalaman bangkrut pertamanya yang lebih suka ia sebut “wisuda bangkrut”. Dengan dua kata ini Mas J seperti ingin mengubah mindset kita bahwa bangkrut harus dijadikan pelajaran untuk membangun bisnis selanjutnya. Kalau di dunia akademisi wisuda sendiri adalah langkah awal menuju dunia baru setelah lulus pendidikan tertentu. Anggap saja bangkrut menjadi langkah awal lulus untuk lebih kuat dalam menjalankan bisnis selanjutnya.
Selanjutnya, Mas J menjabarkan pengalamannya sekaligus trik dan tips menjalankan bisnis termasuk memilih lokasi bisnis, hitungan bisnis, promo bisnis yang efektif, serta mencegah gengsi saat menjalankan bisnis. Quote-quote yang ditulis seringkali membakar semangat berbisnis sekaligus memberikan pengetahuan kepada pembacanya. Ilustasi gambar-gambar yang menarik juga ditampilkan yang membuat pembaca tidak bosan saat membaca bukunya. Dibagian akhir kita juga akan mengetahui apa saja aktivitas bisnis Mas J sekaligus cara bagi kita untuk memulai bisnis dengan membuka toko online cukup 5 menit saja serta program-program entrepreneur lainnya.    
Ini hanya sekelumitnya saja setelah saya membaca buku ini. Akan lebih baik jika tetamu membaca buku ini khususnya bagi mereka yang ingin menekuni dunia bisnis dan entrepreneur. Selain membaca buku ini, tetamu juga bisa follow twitter Mas J (@JayaYEA) untuk menambah ilmu entrepreneurship langsung dari beliau.

“Ingat: Segala sesuatu, ada ilmunya!”
(Kitab Anti Bangkrut)

Jika ingin memiliki bukunya bisa langsung klik: Kitab Anti Bangkrut (aff)

No comments:

Post a Comment